Lowongan Kerja PT FAJAR SURYA SWADAYA


Perusahaan tergabung dalam DJARUM GROUP, yang bergerak dalam usaha Hutan Tanaman Industri (HTI) - berlokasi di Kalimantan Timur dan Barat, mencari tenaga kerja yang memiliki komitmen untuk turut berkembang mewujudkan visi dan misi perusahaan
Posisi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

1. HARVESTING / PLANTATION STAFF
~ Pendidikan 031 S1 Kehutananl Pertanian
~ Pengalaman menggunakan alat ukur kayu
~ Kuat dalam hitung menghitung
~ Mengenal jenis pupuk dan herbisida dan penggunaannya
~ Oapat membaca peta, kompas & clino

2. SURVEYOR STAFF
~ Pendidikan 031 S1 Kehutanan
~ Menguasai penggunaan alat ukur perencanaan hutan
~ Memahami metode dan teknis survey
~ Oapat menggunakan Global Positioning System (GPS)

3. REPORTING STAFF
~ Pendidikan 031 S1 dari semua jurusan
~ Menguasai program komputer Ms. Office & dasar program peme-
~ taan ( Arcview, Arc GIS)
Memahami metode dan teknis survey

4. ADMINISTRASI
~ Pendidikan D3 dari semua jurusan
~ Mengusai program komputer Ms. Office

5. COMMUNITY DEVELOPMENT STAFF
~ Pendidikan min. D3 dari semua jurusan
~ Memiliki pengalaman organisasi
~ Diutamakan memiliki pengalaman min 2th dalam bidang
Community Development di perusahaan kehutanan

6. R&DSTAFF
~ Pendidikan minimal S1 Kehutanan/ Agronomi
~ Terampil membuat design penelitian ilmiah, memilliki
pemahaman dalam hal rancangan percobaan, inovatif, kreatif
~ Memahami silvikultur tanaman dan hutan

7. TUKSTAFF
~ Pendidikan min. D31 S1 Kehutanan, diutamakan pengalaman bidang
pengukuran kayu log & Adm.Tata Usaha Kayu serta Survey Potensi
Tegakan Hutan (Cruising)
~ Memiliki pengetahuan jenis kayu dan dapat menggunakan alat
ukur volume kayu ( kayu bulat & kayu kecil )
~ Diutamakan Sertifikat Scaler 1 Grader 1 Cruiser

8. NURSERY QUALITY ASSESSMENT
~ Pendidikan min. D3/S1 Kehutanan/ Pertanian
~ Memahami teknik persemaian, jenis hama, penyakit yang menyerang bibit tanaman HTI
~ Diutamakan memiliki pengalaman minimal 1 tahun

9. PRODUCTION TRAINEE
~ Pendidikan min. D3/S1 Kehutanan/ Pertanian
~ Bersedia mengikuti masa training yang ditetapkan perusahaan
~ Bersedia menitipkan ijasah terakhir selama masa training
dan kontrak berlangsung

PERSYARATAN UMUM :
• Sehat jasmani dan rohani, jujur, mau bekerja keras serta dapat bekerja dalam tim
• Bersedia ditempatkan di Kalimantan Timur I Barat ( Base Camp Hutan )
• Usia minimal 23 tahun dan maksimal 35 tahun
• Menyukai kegiatan kerja di hutan, serta bersedia suatu sa at dipindahkan ke lokasi lain

Bagi yang berminat, dapat mengirimkan Surat Lamaran dengan dilampirkan Riwayat Hidup, Copy Ijazah,Pas Foto ukuran 4 x 6 em (terbaru) dan foto copy surat-surat pendukung lainnya, ditujukan ke :
CV Paling lambat kami terima tanggal 28 Februari 2011
DEPARTEMEN HRD
JI. Aipda KS Tubun Raya 2C no.8
Jakarta Barat 11410
Email: recruitment.center@forestindo.com

Download

Tips & Trik Menulis Curiculum vitae

_____________________________________________________________________
Format Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup atau sering disebut Resume, di setiap negara berbeda-beda. Hal ini karena dipengaruhi oleh budaya, kebiasaan, pandangan politik, juga aturan main yang berbeda-beda.

Sebagai contoh, untuk resume standar di Amerika Serikat (USA) tidak perlu mencantumkan hal-hal yang dianggap sangat pribadi seperti foto, status perkawinan, tempat dan tanggal lahir.

Sedangkan di Indonesia justru sebaliknya, dalam membuat CV atau Daftar Riwayat Hidup, justru wajib mencantumkan status perkawinan, tempat dan tanggal lahir, serta melampirkan foto.

Berikut ini beberapa hal yang hendaknya diperhatikan dalam membuat Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup, atau Resume untuk perusahan/instansi/lembaga di Indonesia (baik untuk perusahaan/lembaga lokal, nasional, maupun internasional).

A. Urutan Penulisan Curriculum Vitae (Resume, Daftar Riwayat Hidup)

1. Identitas (Data Pribadi)

Cantumkan identitas anda dengan jelas, seperti : Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat Badan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta e-mail (bila ada).
Khusus untuk e-mail, sebaiknya anda memilikinya. Jika tidak memilikinya, anda dapat membuat alamat email di Gmail, Yahoo, atau Hotmail (silakan klik) atau yang lainnya.

2. Pendidikan

Cantumkan pendidikan formal dan pelatihan/kursus yang pernah anda ikuti; lengkap dengan tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya. Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian pendidikan non formal (pelatihan, kursus, dsb).

3. Kemampuan

Uraikan secara singkat kemampuan anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Misalkan anda melamar kerja di bidang akuntansi, maka jelaskan secara singkat bahwa anda memahami akuntansi dan administrasi, sistem perpajakan, biasa bekerja menggunakan komputer, dsb-nya. Tentu saja kemampuan-kemampuan yang anda tulis/cantumkan tersebut harus benar-benar anda miliki. Jangan mencantumkan kemampuan yang tidak anda miliki.

4. Pengalaman kerja

Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap dengan pangkat, jabatannya, jenis pekerjaan, prestasi (bila ada), tanggung jawab dan wewenang pekerjaan. Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai menempati dan mengakhiri posisi tersebut.
Urutannya dimulai dari pekerjaan (atau jabatan atau posisi) terakhir.

5. Pengalaman Organisasi (bila ada)

Cantumkan pengalaman organisasi yang relevan (sesuai atau berhubungan) dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 5 ini.

6. Referensi Kerja (bila ada)

Bila memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi lamaran kerja untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).
Penting : Dalam hal pencantuman nama orang yang akan dijadikan referensi, anda harus sangat yakin bahwa orang tersebut benar-benar mengetahui tentang anda serta akan memberikan informasi positif mengenai diri anda. Seandainya anda ragu-ragu bahwa orang tersebut akan memberikan informasi positif tentang anda, maka anda tidak perlu mencantumkan referensi kerja tersebut (lewati saja yang nomor 6 ini).

7. Pengalaman lain yang menunjang (bila ada)

Cantumkan pengalaman lain yang menunjang "promosi anda". Dan sebaiknya yang relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Jika anda melamar untuk posisi pemrogram komputer, maka pengalaman anda sebagai Ketua RW atau juara bulutangkis, tentunya tidak relevan. Jadi bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 7 ini.

B. Kertas, Huruf, Foto, Dokumen Pendukung

1. Gunakan kertas putih polos

CV hendaknya polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar). Sebaiknya jangan menggunakan form CV yang dijual di toko-toko.

2. Diketik dengan huruf standar surat resmi

CV jangan ditulis tangan, namun diketik. Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), contohnya font jenis Arial atau Times New Roman.

3. Foto terbaru

Lampirkan pas foto terbaru ukuran 3x4 atau 4x6. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi (misalkan jas lengkap dengan dasi).

4. Dokumen pendukung

Lampirkan dokumen atau bukti-bukti tentang hal-hal yang dituliskan dalam CV (resume), seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat atau penghargaan, dsb (dokumen pendukung tersebut dalam bentuk photocopy).
Agar dokumen pendukung yang dilampirkan tidak terlalu banyak, sebaiknya anda menyeleksi/menyortir dokumen mana yang paling penting dan relevan untuk dilampirkan.
Penting : Bila transkrip nilai anda tidak bagus, maka anda tidak perlu melampirkannya. Karena CV atau resume tersebut merupakan promosi diri anda. Namun, seandainya perusahaan penerima kerja meminta/mensyaratkan untuk melampirkan transkrip nilai, barulah anda "terpaksa" melampirkannya.
Sebaliknya jika transkrip nilainya bagus, anda justru harus melampirkannya.


Beberapa Saran Penting

Jujur, Jangan Berbohong

Ingat, jangan sekali-kali menuliskan pada CV anda suatu pengalaman yang anda sendiri tidak mengalaminya. Memang seseorang terkadang merasa gengsi dengan pengalaman yang dia miliki, karena merasa kalah pengalaman. Percayalah pada diri anda sendiri bahwa anda mempunyai kelebihan yang orang lain tidak punya.

Jumlah Halaman

Pada umumnya CV hanya terdiri dari 1 (satu) atau 2 (dua) halaman. Namun jika memang riwayat pekerjaan/karir anda sangat banyak, juga pendidikan/kursus/pelatihan anda sangat banyak. Dan anda menganggap bahwa itu penting untuk ditampilkan, maka anda boleh menambahkannya menjadi 3 (tiga) halaman CV sebagai lampiran Surat Lamaran Kerja, tidak masalah.
Tetapi khusus untuk Surat Lamaran Kerja, tetap upayakan 1 (satu) halaman.

Tata Bahasa, Tanda Baca, dan Ejaan

Tidaklah dibenarkan jika dalam resume terjadi kesalahan-kesalahan menyangkut tata bahasa, tanda baca, dan ejaan. Bacalah kembali tata bahasa di buku atau Kamus Bahasa Indonesia.
Jika anda menulis CV dalam Bahasa Inggris, dan anda belum yakin, maka cobalah minta dicek kembali atau di-review oleh teman/kerabat yang menguasai Bahasa Inggris tersebut.

Eksplisit (Gamblang, Jelas)

Jangan membuat orang yang membaca CV atau resume anda mengintepretasikan atau mengartikan hal yang berbeda.
Contoh sederhana : Di CV pada bagian pendidikan, anda menuliskan Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila, dan tidak menambahkan nama kota lokasinya. Jangan berasumsi bahwa pembaca pasti tahu Universitas Pancasila itu ada di Jakarta. Oleh karena itu tambahkan nama kota dibelakangnya, misalkan Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila - Jakarta.

Mudah Dibaca dan Mudah Dicerna

CV yang dibuat secara kacau-balau menggambarkan pikiran yang tidak jernih dan ketidakmampuan penulis dalam menuangkan isi hatinya. Oleh karena itu sangat penting membuat CV yang mudah dibaca, mudah dicerna, urutannya jelas, dan logis.
Bila perlu bagian-bagian atau kata-kata yang anda anggap sangat penting untuk ditonjolkan, dapat ditulis dengan huruf tebal (bold). Namun jangan terlalu banyak bagian yang ditebalkan, sehingga tidak terlihat lagi bagian yang sangat penting tersebut.

Sumber : Yayasan KPT, Hilmy AAP, CV. Flamboyan, Anna T. Yuliati, dsb